Halaman

10 Cara mengatasi stress saat pekerjaan menumpuk

Stress merupakan hal yang sering di rasakan oleh orang-orang yang memiliki beben pekerjaan yang berat. Bagi anda yang memiliki beban pekerjaan yang berat, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi stress.
1. Berhenti Mengeluh
Bila terus menerus mengeluhkan StresspekerjaangajiGizi , pikiran kita akan semakin tertekan dan pekerjaan tidak akan selesai juga. Maka, cobalah cari sedikit nilai positif yang bias di ambil. Anggap saja sebagai sarana belajar bagi anda, atau pikiran hal menarik yang akan anda lakukan saat menerima gaji.
2. Tentukan prioritas
Memang kita tidak bias mengerjakaan semua pekerjaan sekaligus, maka tentukan yang lebih penting dan harus di selesaikan. Rencanakan dengan baik aktivitas anda. Apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang, tetapi juga jangka pendek.
3. Istirahat sejenak
Sesibuk apapun anda, saat jam istirahat, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk bersantai. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama bekerja. Bila mungkin, gunakan waktu istirahat anda untuk tidur minimal 15 menit. Hal ini dapat membuat tubuh dan pikiran anda lebih segar.
4. Makan makanan bergizi
Jangan lupa tetap memperhatikan anda agar gizi tetap tercukupi. Gizi yang cukup dapat membuat tubuh lebih sehat dan bersemangat.
5. Pulang pada waktunya
Bila pekerjaan dapat dikerjakan dengan kehidupan pribadi. Saat anda mempunyai waktu luang atau libur, nikmatilah dengan sebaik-baiknya.
6. Ciptakan lingkungan kerja yang baik
Miliki sikap toleransi kepada sesame rekan kerja. Bersikap terbuka dan berkomunikasi dan mempertahankan semangat tim anda dengan mengadakan perayaan-perayaan kecil, berolahraga,atau berekreasi bersama. Bangun iklim kerja yang menyenangkan.
7. Bicarakan dengan rekan kerja
Sering-sering hangout atau makan siang dengan rekan kerja. Siapa tahu dengan mengobrol, anda dapat menemukan solusi masalah.
8. Delegasikan sebagian tugas
Delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.
9. Cuti dan refreshing
Bila anda sudah penat, cobalah minta cuti pada atasan anda. Gunakan cuti anda untuk menghabiskan waktu bersama keluarga anda.
10. Pertolongan tenaga professional
Jika anda tidak dapat menemukan cara-cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan anda, baiknya anda berkonsultasi kepada konselor atau psikolog yang memiliki kemampuan untuk mengatasi hal-hal seperti ini.

No comments